Kota Banjarnegara Siap Gelar Gumelem Ethnic Carnival 2016

Gumelem Ethnic Carnival 2016

IMG.Dok.berandajogja.com

Pada perhelatan tahun ini, Gumelem Ethnic Carnival menghadirkan berbagai atraksi budaya masyarakat desa wisata Gumelem bertajuk “Pagelaran Kota Wisata”. Event ini ditujukan untuk mengangkat potensi wisata budaya Desa Gumelem Wetan dan Kulon.

Gumelem Ethnic Carnival akan diselenggarakan di Desa Gumelem Wetan dan Gumelem Kulon pada tanggal 19 – 20 November mendatang.Keroncong Serayu, Pertunjukan Tradisi khas Desa Gumelem, hingga Karnaval Fashion Jalanan akan dihadirkan pada Gumelem Ethnic Carnival tahun ini.

Dikutip dari situs berita Radar Banyumas, juru bicara GEC, Novi Ali Nurmansyah mengatakan, “tahun ini GEC dikemas sedikit berbeda dengan adanya sejumlah rangkaian even. Tetapi panitia tetap mengangkat potensi wisata budaya di Desa Gumelem Wetan dan Kulon. Rinciannya eventnya mulai dari Keroncong Serayu dan karnaval fashion jalanan ala desa”.

Even ini merupakan kampanye pencanangan kawasan Gumelem hingga Purwareja Klampok sebagai Kota Tua yang memiliki sejumlah peninggalan sejarah di Banjarnegara. Menurut Novi, GEC kali ini menjadi wahana bagi para pelaku seni tradisi maupun kontemporer. Hal itu diwujudkan dalam pertunjukan seni tradisi, tari, musik, batik, kerajinan, seni rupa, seni kriya dan pameran fotografi kota tua.

Selama ini, Desa Gumelem baik Gumelem Wetan maupun Gumelem Kulon, dikenal sebagai penghasil kerajinan batik. Oleh karena itu event GEC secara khusus menampilkan produk-produk kerajinan batik tulis melalui peragaan busana batik oleh warga desa. “Wisatawan yang datang mendapat kesempatan untuk terlibat dan mencoba ikut membatik dalam workshop khusus membatik yang digelar selama GEC berlangsung,” imbuhnya.

Sumber: http://radarbanyumas.co.id/gumelem-ethnic-carnival-siap-digelar/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s