5 Tips Antisipasi Banjir Tahunan

Waspadalah musibah banjir yang kerap terjadi tiap tahunnya telah mengintai kita semua khusnya warga ibu kota Jakarta. Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, diprediksikan Ibu Kota akan diterjang banjir besar pada bulan Februari 2016.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi datangnya musibah banjir di ibu kota. Beberapa diantaranya telah saya rangkum dalam 5 Tips Antisipasi Banjir Tahunan
sebagai berikut:

  1. Membersihkan Saluran Air
    Tak ada salahnya kalau kamu rutin mengecek dan membersihkan saluran pembuangan air, terutama selokan-selokan yang ada disekitar rumah kamu. Pastikan agar semua saluran pembuangan air bebas dari sampah yang dapat mengganggu arus aliran limbah air sehingga air tak tergenang dan mengakibatkan banjir.
  2. Melaksanakan Kegiatan 3M
    Pastikan kamu rutin menguras tempat tempat yang menjadi penyebab genangan air, menutup tempat penyimpanan air bersih untuk menghindari bersarangnya nyamuk berbahaya, dan terakhir pastikan kamu telah mengubur semua barang-barang bekas yang dapat menjadi pemicu tergenangnya air.
  3. Membuang Sampah Pada Tempatnya.
    Biasakan untuk selalu membuang sampah pada tempat yang telah disediakan. Dengan membuang sampah pada tempatnya secara tidak langsung kamu telah melakukan tindakan yang tepat dan bermanfaat untuk mencegah terjadinya musibah banjir.
  4. Ikut Serta Dalam Acara Kerja Bakti
    Tak hanya cukup dengan membersihkan lingkungan rumah kamu saja untuk mencegah datangnya banjir. Lingkungan perumahan atau perkampungan disekitar rumah kamu pun wajib dibersihkan.
    Kerja bakti salah satu sarana yang tepat untuk bergotong royong mengantisipasi datangnya banjir, janganlah sungkan untuk mengikuti kerja bakti yang diadakan oleh RT/RW dimana kamu tinggal, karena dengan kerja bakti yang rutin diadakan dipastikan kampung/perumahan dimana kamu tinggal akan terbebas dari musibah banjir.
  5. Menyediakan Bak Penyimpanan Air Bersih
    Meskipun berbagai cara pencegahan banjir telah kita lakukan, terkadang banjir masih tetap menyerang. Untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi, pastikan kamu telah mempersiapkan bak penyimpanan air bersih untuk memenuhi berbagai kebutuhan kamu ketika banjir datang. Air bersih adalah segalanya, ketika banjir datang kemungkinan air bersih sulit untuk kita dapatkan, tak ada salahnya kalau kita telah mempersiapkannya jauh sebelum banjir menyerang.

Itulah kelima tips yang dapat saya sharing untuk mengantisipasi datangnya musim banjir yang bisa datang kapan saja. Sebagai warga yang baik tak ada salahnya kalau kita membantu melakukan pencegahan mulai dari hal terkecil.

~~ Semoga Bermanfaat😀 ~~

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s