Borobudur Keajaiban Dunia Dari Tanah Jawa

Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Borobudur adalah salah satu warisan budaya yang dimiliki Indonesia, sekaligus menjadi icon warisan budaya dan menjadi candi Budha terbesar dan termegah di dunia.  Ibarat puzzle raksasa, Borobudur tersusun dari sekitar dua juta balok batu vulkanik yang dipahat dan disusun sedemikian rupa sehingga saling mengunci antara balok yang satu dengan balok yang lainnya.

Dibangun sekitar tahun 824 pada masa kejayaan Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra atau sekitar 300 tahun sebelum dibangunnya Angkor Wat di Kamboja dan 400 tahun sebelum dibangunnya katedral agung di Eropa.

Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
Borobudur memiliki luas kurang lebih sekitar 123 x 123 m2 dengan 504 patung Budha, 72 stupa terawang dan 1 stupa utama, sekitar 2.672 panel relief yang merupakan relief dengan ansambel terlengkap di dunia yang tak tertandingi nilai seninya.  Borobudur memiliki luas kurang lebih sekitar 123 x 123 m2.

Nama Borobudur diambil dari penggabungan dua suku kata dalam bahasa Sansakerta, yaitu Bara (Candi atau Biara) dan Beduhur (Perbukitan). Jadi Borobudur merupakan Biara atau Candi yang berada di perbukitan. Oleh karena itu Borobudur sejak berdiri hingga saat ini di gunakan sebaga tempat peribadatan penganut Budha.

Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Candi Borobudur berlokasi di Magelang, Jawa Tengah, sekitar 40 km dari pusat kota Yogyakarta. Untuk menuju ke Borobudur, dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan sewaan. Persewaan kendaraan banyak tersedia di Yogyakarta, baik berupa mobil maupun motor dengan tarif yang berfariasi.

Untuk menikmati indahnya Candi Borobudur, disarankan teman-teman datang pada pagi hari menjelang fajar atau sore hari menjelang senja. Karena pada pagi maupun sore hari selain dapat menikmati indahnya Candi Burobudur teman-teman juga dapat menikmati indahnya sunrise atau sunset yang memesona.

2 thoughts on “Borobudur Keajaiban Dunia Dari Tanah Jawa

  1. Jakarta, 22 Pebruari 2016

    Bapak/Ibu yang terhormat,

    Saya menyampaikan surat ini untuk mengajukan permohonan ijin penggunaan sebuah gambar (tampak di bagian bawah halaman ini) yang tampil di situs Bapak/Ibu, _
    https://arfathah.files.wordpress.com/2015/01/borobudur03.jpg?w=705&h=400&crop=1
    Gambar tersebut akan dimuat di buku IELTS Preparation, sebuah buku kursus Bahasa Inggris yang akan diterbitkan oleh LBPP-LIA yang berlokasi di Jakarta, Indonesia, pada bulan Maret 2016. Buku tersebut merupakan akan digunakan secara internal oleh para guru dan murid di lembaga tersebut dan merupakan buku ajar persiapan tes IELTS. Buku tersebut akan digunakan selama kurang lebih 7 (tujuh) tahun.

    Saya juga sampaikan bahwa saya telah mengunduh gambar tersebut di situs Bapak/Ibu pada bulan Pebruari 2016 dan saya menyampaikan surat ini untuk memohon ijin penggunaan karya tersebut.

    Besar harapan saya agar Bapak/Ibu dapat memberikan ijin penggunaan gambar tersebut. Saya akan mencantumkan situs sumber gambar tersebut di dalam buku kami sebagai bentuk penghargaan kami atas karya Bapak/Ibu.

    Sekiranya Bapak/Ibu berkenan mengabulkan permohonan saya, silakan melengkapi SURAT PEMBERIAN IJIN (terlampir di halaman dua surat ini) dan mengirimkan surat tersebut kembali kepada saya (via email dept.esp@gmail.com). Silakan mengirimkan email kepada saya jika Bapak/Ibu memerlukan keterangan lebih lanjut.

    Saya mengucapkan terima kasih atas perhatian dan ijin yang Bapak/Ibu berikan.

    Hormat saya,

    Ade Ary Simatupang
    (LBPP-LIA, Kepala Departemen Bahasa Inggris Khusus)

    Gambar yang dimaksud:

    SURAT PEMBERIAN IJIN

    Dengan ini,

    Saya, ______________________________________________
    _________________________________________________

    memberikan ijin pada LBPP-LIA di Jakarta Indonesia
    untuk memuat foto yang diminta dalam surat permohonannya
    dalam buku yang ia terbitkan, IELTS Preparation.

    Syarat dan Ketentuan:
    • Buku tersebut digunakan untuk tujuan pendidikan.
    • Buku tersebut digunakan di lingkungan pendidikan LBPP-LIA.
    • Buku tersebut digunakan dalam kurun waktu tahun kurang lebih 7 (tujuh) tahun.
    (LBPP-LIA perlu meminta ijin ulang jika bermaksud memperpanjang penggunaan buku tersebut.)

    Tanggal: _________________________
    Pemilik gambar,

    ________________________________

    Suka

  2. Terima kasih Bapak Ade Ary Simatupang atas Surat ini dan telah menyukai foto hasil saya. Demi ikut mensukseskan program pendidikan guna mencerdaskan generasi bangsa saya selaku pribadi sangat mendukung dan mengijinkan pihak LBPP-LIA untuk menggunakan Foto Hasil Karya Saya tersebut. Terima Kasih

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s