Air Terjun Sekar Langit Pesona Alam Kota Magelang

curug sekarlangit wisata alam kota magelang

Sekar Langit, nama yang indah dan penuh pesona. Sekar dalam bahasa jawa yang berarti bunga dan langit yang berarti angkasa, sekar langit berarti bunga langit, sesuai dengan namanya air terjun ini memang mampu menaburkan sejuta pesona layaknya taman bunga. Suasana damai dengan udaranya yang sejuk, membuat setiap pengunjungnya ingin sering-sering berkunjung ke air terjun yang satu ini.

Air terjun atau curug sekar langit terletak di daerah Grabag, Magelang, Jawa Tengah. Curug yang sangat dikramatkan oleh warga setempat ini, merupakan bagian dari salah satu cerita rakyat yang diabadikan dalam sebuah naskah sastra jawa baru berjudul Jaka Tarub. Cerita tersebut mengisahkan seorang pemuda dari Tarub yang bernama Jaka Tarub (Setelah Dewasa di sebut Ki Ageng Tarub).

Jaka Tarub adalah seorang pemuda tampan yang sakti dan gagah berani.Ia sering keluar masuk hutan untuk berburu binatang, tanpa sengaja Jaka Tarub melihat ada 7 orang bidadari yang sedang mandi di sebuah telaga yang merupakan genangan dari air terjun sekar langit.  Karena terpikat, Jaka Tarub mengambil selendang yang tengah disampirkan milik salah seorang bidadari. Ketika para bidadari selesai mandi, mereka berdandan dan siap kembali ke kahyangan. Salah seorang bidadari, karena tidak menemukan selendangnya, tidak mampu kembali dan akhirnya ditinggal pergi oleh kawan-kawannya karena hari sudah beranjak senja. Jaka Tarub lalu muncul dan berpura-pura menolong. Bidadari yang bernama Nawangwulan itu bersedia ikut pulang ke rumah Jaka Tarub karena hari sudah senja.

Nah dari situlah awal cerita legenda air terjun sekar langit ini, air terjun dengan alirannya yang cukup deras ditambah dengan panorama alam di sekelilingnya yang penuh pesona, menjadikan air terjun ini layak untuk dikunjungi. Terlebih ketika pagi hari ataupun sore hari menjelang senja, tampak terlihat jelas keindahan alam yang mampu menyejukan dan mendamaikan setiap pengunjungnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s