Malioboro, wisata Hemat ala Yogyakarta!

Jalan Malioboro Jogjakarta

Malioboro, nama yang kerap terdengar ditelinga, entah apa yang membuat nama Malioboro begitu melekat dihati para pelancong yang pernah berkunjung ke kota Yogyakarta. Malioboro adalah nama jalan yang terletak di kota Yogyakarta, nama Malioboro diambil dari bahasa sansakerta yang memiliki arti karangan bunga. Jalan yang memiliki panjang sekitar 1 km ini, selain berfungsi sebagai salah satu jalan protokol, juga di jalan ini sering digunakan sebagai lokasi berbagai parade karnaval, seperti Jogja Java Carnival, Pekan Budaya Tionghoa, Festival Kesenian Yogyakarta, Karnaval Malioboro, dan masih banyak lainnya.

Nama Jalan Malioboro makin terkenal karena wisata belanjanya, disepanjang Jalan Malioboro terdapat ratusan tempat belanja seperti pedagang emperan, toko – toko etnis tionghoa, Mal Malioboro hingga Pasar Gede atau Pasar Beringharjo yang berada disisi selatan. Barang-barang yang dijajakan di kawasan wisata Jalan Malioboro ini, seperti aksesoris dan pernak pernik unik, cinderamata khas Yogya, batik klasik, serta perhiasan berupa emas dan perak bisa dibilang murah, maka dari itu tidaklah heran kalau banyak turis lokal maupun mancanegara yang berkunjung kekawasan ini hanya untuk menikmati wisata belanja khas kota yogyakarta.

Mal Malioboro Jogjakarta
Selain karena wisata belanjanya, kawasan ini juga didukung dengan adanya fasilitas umum yang memadai, seperti Stasiun Tugu yang lokasinya tidak jauh dari Malioboro, penginapan murah yang juga banyak tersebar disekitar malioboro, dan kendaraan umum yang banyak tersedia di sekitar kawasan ini. Selain penginapan murah yang sederhana, di kawasan ini juga banyak terdapat hotel berbintang yang siap menampung para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Sebagai lokasi wisata favorit, Malioboro juga berdekatan dengan lokasi wisata favorit Yogya lainnya, seperti Benteng Vredeburg,Keraton Yogyakarta, Tugu Jogja dan Alun-Alun Kidul (Alkid).

Apabila teman-teman berkunjung ke Yogyakarta, tidak ada salahnya kalau teman-teman menyinggahi kawasan Jalan Malioboro ini, terlebih kalau teman-teman berkunjung diantara bulan Juni hingga Juli, dijalan ini rutin digelar Festival Kesinian Yogyakarta. Saat menjelang perayaan tahun baru Imlek, di kawasan ini juga rutin digelar Pekan Budaya Tionghoa, jadi tak lengkap rasanya kalau ke Yogya belum menyambangi kawasan wisata Malioboro ini.

Happy Traveler dan selamat berkunjung ke Yogyakarta….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s