Celimpungan, Si Kenyal Yang Terbenam Dalam Santan

celimpungan kuliner khas Palembang

Palembang tidak hanya terkenal dengan pempeknya yang nikmat, selain itu juga terdapat jenis makanan yang menyerupai pempek namun beda dalam penyajiannya, ialah Celimpungan. Apa sih Celimpungan itu? pasti banyak yang masih belum tau apa itu celimpungan? pasalnya saya sendiri saja baru tau ada makanan khas Palembang yang diberi nama Celimpungan tersebut saat berkunjung ke Festival Kuliner Bekasi beberapa hari yang lalu.

Celimpungan merupakan makanan olahan yang berbahan dasar tepung sagu dan ikan tenggiri giling, cara pengolahannya dengan cara dikukus dengan bentuk bola menyerupai somay atau pempek adaan, cara penyajiannya dengan cara disiram dengan kuah santan kental berwarna kekuningan dan ditaburi bawang goreng di atasnya menyerupai lontong sayur.

Saat berkunjung ke Festival Kuliner Bekasi beberapa hari yang lalu, saya langsung tertarik ingin mencoba makanan khas Palembang yang satu ini, pasalnya dari beberapa makanan khas bumi brawijaya palembang ini, sepertinya Celimpungan merupakan salah satu makanan yang baru saya kenal dan balum pernah saya coba diantara beberapa cita rasa olahan kuliner khas bumi brawijaya yang banyak bertebaran di seluruh nusantara. Saat itu saya menemukan makanan yang satu ini di booth Pondok Wong Palembang,di booth ini tersedia berbagai macam olahan khas palembang seperti Aneka Pindang, Tekwan, Model dan Celimpungan.

Di booth Pondok Wong Palembang celimpungan dibandrol dengan harga Rp. 22.000,- dengan porsi yang sangat pas untuk menu diet, meskipun kurang  cocok juga sih… buat menu diet, soalnya celimpungan ini disajikan dengan santan kelapa yang cukup kental dan pastinya banyak menganduk lemak yang sangat dihindari dalam program diet. Tapi untuk masalah rasa lumayanlah cukup pas dilidah meskipun nggak sampai bikin penikmatnya ketagihan.

kalau teman-teman penasaran dan ingin mencobanya silahkan berkunjung ke Festival Kuliner Bekasi, yang masih berlangsung hingga tanggal 19 Oktober 2014 nanti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s