Bingung mau ke Dieng naik apa? Berikut info Transportasinya…

transport

Kalau teman-teman tinggal di Jakarta dan memiliki rencana ingin menikmati liburan ke Dieng, tapi bingung transportasinya? berikut saya ulas informasinya, semoga bermanfaat bagi teman teman traveler.

Dari Jakarta menuju dataran tinggi Dieng dapat ditempuh dengan menggunakan 3 jalur transportasi, yaitu bisa menggunakan Pesawat Terbang, Kereta Api dan juga menggunakan Bus Umum. Baiklah berikut saya jabarkan satu persatu jalur armadanya:

> Jalur Pesawat Terbang

Apabila teman-teman ingin ke Dieng dengan menggunakan jalur pesawat terbang, bisa melalui Bandara Internasional Soekarno – Hatta dan mengambil tujuan akhir Bandara Adi Sucipto Yogyakarta ataupun juga bisa mengambil tujuan Bandar Udara Internasional Achmad Yani Semarang.
Kalau teman-teman mengambil tujuan Yogyakarta, setibanya di Yogyakarta teman-teman bisa menggunakan transportasi umum Dari Bandara ke terminal Jombor, atau bisa juga ke Terminal Giwangan, kemudian naik bus jurusan WOnosobo, setibanya di Wonosobo dilanjutkan dengan naik Mikro Bus Jurusan Wonosobo-Dieng-Batur dan turun di Dieng dengan jarak tempuh sekitar 1 Jam.
Dan apabila teman-teman mengambil tujuan Semarang, setibanya di Semarang teman-teman bisa menggunakan transportasi umum Dari Bandara ke terminal, kemudian naik bus jurusan WOnosobo atau jurusan Purwokerto dan Turun di Wonosobo, setibanya di Wonosobo dilanjutkan dengan naik Mikro Bus Jurusan Wonosobo-Dieng-Batur dan Turun di Dieng.

> Dengan Jalur Bus Umum

Apabila teman-teman menghendaki ingin menggunakan jalur transportasi bus umum saya sarankan menggunakan bus jurusan Jakarta – Banjarnegara – Wonosobo berikut :

  1. Dari Terminal Bus Pulogadung bisa naik bus (Sinar Jaya, DMI, Malino Putra).
  2. Dari Terminal Bus Rawamangun bisa naik bus (Sinar Jaya, DMI, Malino Putra, Pahala Kencana)
  3. Dari Terminal Bus Lebak Bulus bisa naik bus (Sinar Jaya, DMI, Malino Putra, Pahala Kencana)
  4. Dari Terminal Bus Kampung Rambutan bisa naik bus (Sinar Jaya, DMI, Malino Putra, Pahala Kencana)
  5. Dari Terminal Bus Kalideres bisa naik bus (Sinar Jaya, DMI, Malino Putra, Pahala Kencana)
  6. Dari Pulomas bisa naik Bus Super Eksekutifnya New Rejeki / Rejeki Baru, kalau nggak salah Bus ini Satu-Satunya bus Super Eksekutif yang melintas di Jalur Banjarnegara – Wonosobo, naiknya dari Komplek Pertokoan Pulomas (Samping Perempatan Lampu Merah Kelapa Gading yg arah Pulogadung). Tapi kalau mau naik bus ini harus pesan jauh-jauh hari, karena busnya terbatas dan pelangannya cukup banyak, jadi siapa cepat dia dapat. Trayek Bus Ini melajani Jakarta – Purwokerto – Banjarnegara – Wonosobo – Magelang – Yogyakarta.

Untuk bus-bus lain saya kurang merekomendasikan dengan alasan keamanan dan kenyamanan, tarif masing-masing bus bervariatif tergantung kelas dan fasilitas yg disediakan masing-masing armada. Untuk Jalur transportasi bus umum, teman teman bisa turun di terminal bus Banjarnegara kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Micro Bus Jurusan Banjarnegara – Batur dan Turun di Pasar Batur, kemudian naik lagi Micro Bus jurusan Batur – Dieng – Wonosobo dan Turun di Dieng. Atau teman-teman juga bisa langsung turun di Terminal Wonosobo kemudian melanjutkan lagi perjalanan dengan menaiki Micro Bus jurusan Wonosobo – Dieng – Batur dan turun di Dieng.

> Dengan Jalur Kereta Api

Selain menggunakan kedua jalur transportasi diatas teman-teman juga bisa menggunakan jalur transportasi kereta Api, dan untuk pemberangkatannya teman teman bisa via stasiun, Gambir, Senen, dan Stasiun Jakarta Kota. Tapi apabila teman-teman ingin naik kereta Api dengan tarif yang sangat bersahabat dan jarak perjalanannya cepat saya sarankan naik via stasiun senen saja, bisa menggunakan kereta Kutojaya, Progo, Krakatau, dan kereta ekonomi lainnya dan turun di setasiun Purwokerto. Dari stasiun purwokerto teman-teman melanjutkan perjalanan menuju Banjarnegara / Wonosobo via terminal Purwokerto, dari stasiun menuju terminal purwokerto teman-teman bisa naik angkot B2 warna Orange.

Dari Terminal Purwokerto teman teman bisa naik Micro Bus Jurusan Banjarnegara dan turun di Terminal Banjarnegara kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Micro Bus Jurusan Banjarnegara – Batur dan Turun di Pasar Batur, kemudian naik lagi Micro Bus jurusan Batur – Dieng – Wonosobo dan Turun di Dieng. Atau teman-teman juga bisa naik Bus 3/4 jurusan Wonosobo dan sesampainya di terminal Wonosobo kemudian melanjutkan lagi perjalanan dengan menaiki Micro Bus jurusan Wonosobo – Dieng – Batur dan turun di DIeng.

Demikian informasi jalur transportasi Jakarta – Dieng yang saya ketahui semoga bisa membantu perjalanan teman-teman menuju Negeri Atas Awan dataran tinggi Dieng.

Happy Traveler🙂

24 thoughts on “Bingung mau ke Dieng naik apa? Berikut info Transportasinya…

  1. Mas mau tanya, yang micro bus dari purwokerto ke wonosobo itu ada sampai jam berapa? Apakah 24 jam? Karena kalau naik kereta dr jakarta ada yang sampai purwokerto sekitar tengah malam..
    Satu lagi, naiknya dari stasiun purwokerto atau terminalnya?

    Tks

    Suka

  2. kalau mikro bus dari purwokerto cuma nyampe Banjarnegara Mas, paling kalau Bis Purwokerto – Wonosobo yang bus gede kalau yang nyampe malam ambil yang jurusan semarang Via Wonosobo.

    Saya biasanya kalau naik kereta dari jakarta nyampai purwokerto diatas jam 12 malam, langsung ke Travel Sumber Alam Shuttle terdekat atau kalau rombongan langsung sewa mobil pribadi yang ada di Stasiun Purwokerto

    Suka

  3. Shuttle sumber alam tidak langsung ke Dieng karena rute mereka berakhir di Jogja/Semarang, jadi kamu bisa turun di terminal Wonosobo dan melanjutkan naik bus 3/4 tujuan Dieng

    Suka

  4. Kalau menuju dieng naik bis dari terminal wonosobo bisa? Soalnya di blog lain katanya dari terminal wonosobo naik angkot dulu ke RS setyonegoro baru naik bis ke dieng

    Suka

  5. Sepertinya memang sekarang Bus 3/4 Dieng Wonosobo sudah tidak sampai ke Terminal Mendolo Wonosobo, Tapi kalau km dari Jakarta bisa kok Turun di pertigaan atau Perempatan (Saya lupa namanya) Deket RS Setyonegoro (Dulu saya Pernah Naik dari Situ). Coba tanya Kondektur Bis nya Aja kalau Sudah memasuki Wonosobo, pasti akan dibantu sama mereka.

    Suka

  6. Mas saya juga mau tanya..kan rencananya besok nyampe semarang tengah malem.trus bus ekonomi jurusan wonosobo tengah malam ada ga ya?
    mohon dijawab bila berkenan.trims

    Suka

  7. Maaf ya baru sempet buka blog dan balas pesannya😀

    Setau saya sih Bus Semarang – Wonosobo – Purwokerto ada yang 24 Jam coba deh sesampainya terminal Semarang tanya ke unit informasi terminal

    Suka

  8. mau Tanya, saya sampai di stasiun pwt jam 20.00 mau menuju ke dieng, mash ada transportasi ga mnuju ke dieng ? transportasi apa aja yg bisa ke dieng ?
    terimakasih

    Suka

  9. Maaf baru sempat balas, kendaraan umum di stasiun Purwokerto tersedia 24 Jam, kalau ingin langsung ke Dieng sebaiknya Carter Mobil yang banyak tersedia di Parkiran Stasiun saja. Untuk harga tergantung negosiasi dengan sopir.

    Suka

  10. Mas kalau dari jogja k wonosobo naik apa ya? Saya sampe stasiun tugu jam 22.32. Apa ada bus atau travel sampai malam?

    Suka

  11. Ada referensi tempat penginapan yang dekat dengan objek wisata di dieng ? Yang nyaman tidak perlu sewa satu rumah hanya per kamar thanks

    Suka

  12. ms mau tanya.rencana ke dieng bulan desember.kalo via bis takut macet pengenny via kereta.kalo g nyewa homesty apkh ad lokasi untuk bka tenda.lokasinya dimana y.terus untuk menuju lokasi bka tenda ad transportasi g? #biar lebh irit sih….hehehe….mohon kesediaannya untuk mbalas..trims

    Suka

  13. Mas Aan, terimakasih sebelumnya atas kunjungannya ke blog saya.
    Kalau mas Aan dan teman2 mau naik kereta disarankan min 90 hari harus sudah booking mas karena tiket kereta udah kaya kacang goreng terlebih kalau musim liburan.
    Untuk buka tenda boleh di Bukit Cikunir atau Telaga Cebongan mas karena menurut saya lokasi itu yang paling dekat dari fasilitas Transportasi.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s