Ke Dieng Belum Lengkap Kalau Belum Nyoba Purwaceng!!

Purwaceng Khas Dieng

Sumber img: twicsy.com/tukang_jalan

Purwaceng adalah minuman herbal khas pegunungan tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, yang dibuat dari tanaman Purwaceng (Pimpinella pruatjan) species tumbuhan langka yang hampir punah dan hanya tumbuh di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Purwaceng dikenal sebagai pendongkrak stamina dan pembangkit gairah seksual sejak jaman leluhur hingga jaman sekarang khususnya para Raja jawa kuno dan masyarakat setempat saat ini.

Rasanya yang begitu khas hampir mirip seperti jahe, dan sensasi hangat yang didapat ketika menikmatinya yang menurut warga setempat sensasi ini didapat dari akar dan biji tanaman tersebut. Purwaceng sangat cocok disajikan saat masih hangat dengan kondisi cuaca yang dingin seperti di Dataran Tinggi Dieng.

Jenis tanaman Purwaceng ini rimbun seperti semak-semak dan merambat, daunnya berwarna hijau agak kemerahan dibagian tangkainya bentuknya hampir mirip seperti daun seledri dan agak mirip juga seperti daun panigoang. Cara pengolahan secara tradisional tanaman ini dengan cara Merebus daunnya, tapi jangan khawatir untuk saat ini sudah banyak beredar kemasan sachet dan ada juga kemasan botolan dalam bentuk serbuk sehingga kita tinggal menyeduh layaknya minum kopi.

Jenis minuman ini banyak tersedia di kios-kios penjaja makanan dan oleh-oleh khas di kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng, dan yang tidak berkesempatan berkungjung ke Dieng, minuman ini juga sudah banyak tersedia di Toko-Toko Penjual Makanan oleh-oleh Khas di kota Banjarnegara dan Wonosobo.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s