Jelajah Negeri Di Atas Awan Kota Banjarnegara

Komplek Candi Arjuna

Siapa sih yang nggak kenal kawasan wisata budaya Dieng?? yup Dieng merupakan bagian dari wisata sejarah kota Banjarnegara sebuah kota kecil di Jawa Tengah yang cukup terkenal akhir akhir ini karena sosok seorang petinju kelahiran kota ini, sebut saja “Kris Jhon” yang berhasil mengharumkan nama bangsa di seluruh penjuru dunia sekaligus mengangkat nama baik kota Banjarnegara sebagai kota kelahirannya.

Dieng atau sering dikenal dengan sebutan negeri di atas awan ini memiliki segudang sejarah yang sangat menarik dan patut untuk dipelajari. Selain wisata budayanya Dieng juga memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan dan sulit untuk dijumpai di daerah lain, pasalnya didaerah ini yang berupa perbukitan dihiasi dengan hijaunya dedaunan tanaman sayuran petani setempat dan didukung dengan fenomena alam yang sering muncul secara tiba tiba yaitu berupa gumpalan awan tebal dari dataran rendahnya menuju lereng lereng bukit hingga ke puncak bukit dimana kita berada memberikan sensasi tersendiri sehingga kita terasa berada di atas awan, hal ini yang menyebabkan mengapa daerah ini disebut sebagai negeri di atas awan. Fenomena alam ini sering muncur terutama pada pagi hari sebelum jam 8 dan sore hari setelah jam 3, makannya ketika kita berkunjung ke Dieng jangan lewatkan momen terindah ini karena momen momen seperti ini sulit dijumpai didaerah lain.

Selain pemandangan alamnya yang sangat memukau pengunjung, di daerah ini juga terdapat beberapa lokasi wisata yang layak dikunjungi seperti kawasan candi dieng, kawasan kawah, musium sejarah, kawasan sumur ajaib, beberapa telaga dan goa yang memiliki berbagai cerita sejarah dan ciri khas masing masing.

Kawasan Telaga Warna

Di kawasan wisata ini setiap tahunnya (akhir bulan Juni) diadakan festival pemotongan rambut gimbal (salah satu rangkaian acara Dieng Culture Festival) atau biasa disebut dengan ratu tanpa mahkota yaitu anak anak kecil berambut gimbal alami yang sudah menjadi ciri khas turun temurun warga setempat, mayoritas warga asli kelahiran daerah Dieng ini melahirhan anak yang memiliki rambut gimbal, konon katanya menurut cerita mereka adalah para titisan dari seorang panglima kepercayaan ratu kidul yaitu Kyai Kolode yang hingga kini masih menjadi kontroversi.

Dari pada saya bercerita panjang lebar dan hanya semakin membuat para pembaca blog saya ini semakin penasaran lebih baik kunjungi saja langsung kawasan wisata dataran tinggi Dieng (Negeri di atas awan) icon wisata budaya kab. Banjarnegara ini. Selamat berwisata…

Sumber Image : User Id `Kaskus.co.id

Sumber Image : `arcomsoekarno.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s