FIFA Resmi Coret Indonesia Jadi Tuan Rumah PD 2022

Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA) resmi mencoret Indonesia dari daftar kandidat tuan rumah Piala Dunia 2022. Hal itu diumumkan Sekretaris Jenderal FIFA Jerome Valcke dalam jumpa pers seusai rapat Komite Eksekutif FIFA di Zurich, Jumat (19/3/10). Pencoretan Indonesia dari daftar kandidat tuan rumah Piala Dunia 2022 diputuskan FIFA setelah pengurus PSSI gagal mengirimkan sejumlah dokumen penjamin secara tepat waktu.

“Kami telah memberitahu Indonesia bahwa mereka gagal mengirimkan sejumlah jaminan lewat dokumen sesuai tenggat waktu. Indonesia tidak lagi menjadi kandidat (tuan rumah Piala Dunia) 2018/2022. Mereka telah terlempar dari proses ini,” kata Valcke, didampingi Presiden FIFA Sepp Blatter dan pengurus FIFA lainnya, yang disiarkan ke seluruh dunia lewat live streaming situs FIFA (www.fifa.com).

Indonesia menjadi peserta kedua yang terlempar dari pencalonan tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022 setelah Meksiko. Bedanya, jika Indonesia dicoret FIFA, Meksiko memilih mengundurkan diri. Menurut Associated Press yang mengutip sumber pejabat FIFA, para pengurus PSSI gagal memperoleh jaminan pemerintah untuk mendukung proyek mereka menjadi tuan rumah Piala Dunia. Di antara 11 calon tuan rumah Piala Dunia, Indonesia merupakan peserta yang dianggap sulit memenangkan pencalonan tuan rumah Piala Dunia.

Dengan dicoretnya Indonesia, tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022 tinggal diperebutkan sembilan peserta dari 11 negara. Belgia-Belanda, Spanyol-Portugal, Australia, Inggris, Jepang, Rusia, dan Amerika Serikat bersaing untuk Piala Dunia 2018 dan 2022. Dua peserta lainnya, Korea Selatan dan Qatar, hanya bersaing untuk Piala Dunia 2022. FIFA akan memutuskan tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022 dalam sidang Komite Eksekutif, Desember mendatang.

sumber : kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s