Mesin Sriwijaya Meledak Diduga karena Burung

mvlg4mcbjg

LAMPUNG – Hasil penelitian tim internal Sriwijaya Air atas insiden gagal take off di Bandara Raden Intan, Lampung, menyebutkan penyebab ledakan adalah adanya burung yang masuk ke dalam mesin.

Tim menemukan, bangkai burung tersebut berada di sayap kiri pesawat dan banyaknya bulu burung yang rontok. “Ada seekor burung masuk ke dalam mesin pesawat karena terbentur mesin, menimbulkan letusan kecil, letusan itulah yang didengar oleh penumpang dan pilot,” kata Kepala Bandara Darmaji kepada wartawan sekira pukul 09.30 WIB, Jumat (20/3/2009).

Pemeriksaan tim internal dilakukan selama setengah jam di dalam apron bandara, setelah pesawat gagal take off dan memutuskan untuk tidak terbang. Sebanyak 126 penumpang diungsikan ke ruang tunggu bandara.

“Alhamdulillah tidak ada yang terluka. Sebagian penumpang hanya syok sedikit,” kata Darmaji.

Saat ini pesawar Boeing jenis 737-200, dengan nomor penerbangan PK-CJA 089 sudah dapat berangkat dan tim berkesimpulan tidak ditemukan adanya kerusakan mesin.

Sebelumnya, pesawat Sriwijaya dengan rute penerbangan Lampung-Jakarta masih berada di runway untuk lepas landas. Saat persiapan take off dengan kecepatan V1, tiba-tiba terdengar letusan dari arah mesin di bagian sayap sebelah kiri.

Pilot dan Co Pilot merasakan badan pesawat miring ke kiri. Mereka meminta izini kepada menara untuk mengurungkan take off dan kembali ke apron bandara

Sumber : okezone.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s